Blue Bell’s Weblog

January 19, 2009

Usia Pilihan

Filed under: Indonesia, Renungan Harian — lydiairawati @ 3:38 am

Bacaan hari ini: Filipi 4:2-8
Ayat mas hari ini: Filipi 4:8
Bacaan Alkitab Setahun: Ayub 11-13

Di sebuah kota hidup seorang wanita yang sudah sangat lanjut usianya, te­ta­pi ia masih sehat dan tetap berse­ma­ngat. Ia tinggal sendirian di rumahnya yang sederhana. Suaminya telah mening­gal du­nia belasan tahun lalu. Para pen­du­duk me­nge­­nalnya sebagai ibu yang murah se­nyum dan penuh perhatian kepada sia­pa sa­ja.

Suatu hari, tepat di usianya yang ke-87, seorang wartawan dari surat kabar lo­kal mewawancarainya, “Apa rahasia Ibu se­­hingga bisa tetap sehat dan berse­ma­ngat?” tanya si wartawan. Ibu itu menja­wab, “Saya berusaha selalu berpikir positif dan melakukan kegiatan-kegiatan positif”. “Kegiatan seperti apa, Bu?” tanya si war­ta­­wan lagi. “Misalnya setiap hari saya me­ra­wat tetangga saya, seorang wanita berusia 70 tahun, menyediakan ma­kanan untuknya, mengajaknya jalan-jalan sore, atau sekadar me­ne­maninya minum teh dan menyulam.”

Para ahli gerontologi, ilmu tentang warga usia lanjut, me­nga­ta­kan bahwa pada dasarnya setiap orang memiliki tiga jenis usia, yaitu usia kronologis, usia biologis, dan usia psikologis. Usia kronologis dan usia biologis itu alamiah, tidak bisa dielakkan. Sedangkan usia psi­­kologis tergantung pada pilihan kita sendiri. Kalau kita, seperti yang di­nasihatkan Paulus hari ini, memiliki hati yang selalu ber­su­kacita (ayat 4), hidup yang bersyukur (ayat 6), dan pikiran yang ter­arah pa­da hal-hal yang positif dan membangun (ayat 8), maka usia ps­i­­ko­lo­gis kita akan sehat. Selanjutnya, hal itu akan berdampak po­sitif terhadap hidup ke­seharian kita. Dan dengan demikian, kita juga bi­sa menjadikan hi­dup kita senantiasa berguna serta bermakna

USIA TUA BUKAN HALANGAN UnTUK BERKARYA KUNCINYA PADA HATI DAN PIKIRAN YANG SEHAT

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: