Blue Bell’s Weblog

January 21, 2008

Buat si Lumpuh

Filed under: Indonesia, Renungan Harian — lydiairawati @ 11:26 pm
Lalu datanglah beberapa orang mengusung seorang lumpuh di atas tempat tidur; mereka berusaha membawa dia masuk dan meletakkannya di hadapan Yesus
Lukas 5:18

Bacaan: Lukas 5:17-26
Setahun: Keluaran 14-16

Ada sebuah cerita tentang seorang pemuda idealis yang sedang berjalan-jalan. Ia melihat seorang ibu gelandangan dengan dua anaknya yang masih balita tengah mengais makanan di tempat sampah. Ia begitu trenyuh. Dari trenyuh, ia menjadi marah kepada Tuhan. “Tuhan, mengapa Engkau tidak berbuat sesuatu untuk menolong keluarga gelandangan itu?” protesnya. Tuhan pun menjawab, “Aku sudah berbuat sesuatu. Dengan mengirimkan kamu kepada mereka!”

Kisah si lumpuh dalam bacaan hari ini adalah potret masyarakat kita. Orang lumpuh itu bisa muncul sebagai pemulung yang sakit dan hanya tergeletak di tikar karena tidak punya biaya ke rumah sakit. Atau, seorang pemuda yang bermasa lalu kelam hingga dikucilkan dan menjadi bahan gosip orang-orang di sekitarnya. Atau, seorang anak yang begitu nakal dan tidak terkendali karena salah didikan. Atau, seorang remaja yang merasakan kehampaan hidup lalu melarikan diri ke dugem. Mereka adalah orang-orang yang membutuhkan sapaan kasih Tuhan Yesus.

Apa yang sudah kita lakukan untuk si lumpuh? Dalam hidup ini tidak ada yang kebetulan. Di balik setiap kejadian yang kita lihat dan alami, pasti ada maksud Tuhan. Kalau Tuhan mengizinkan kita melihat “orang-orang lumpuh” itu di sekitar kita, pasti juga bukan tanpa sengaja. Tuhan ingin kita melakukan sesuatu untuk mereka.

Sudahkah kita mengambil sikap seperti beberapa orang yang dengan segala perjuangan menggotong si lumpuh kepada Tuhan Yesus? Jangan sampai kita malah menjadi seperti orang banyak itu, yang menghalangi si lumpuh untuk sampai kepada Tuhan Yesus! —AYA

DI BALIK SETIAP KEJADIAN YANG KITA LIHAT, DENGAR, ALAMI
SELALU ADA PESAN TUHAN AGAR KITA BERBUAT SESUATU

Lukas 5:17-26
5:17 Pada suatu hari ketika Yesus mengajar, ada beberapa orang Farisi dan ahli Taurat duduk mendengarkan-Nya. Mereka datang dari semua desa di Galilea dan Yudea dan dari Yerusalem. Kuasa Tuhan menyertai Dia, sehingga Ia dapat menyembuhkan orang sakit.
5:18 Lalu datanglah beberapa orang mengusung seorang lumpuh di atas tempat tidur; mereka berusaha membawa dia masuk dan meletakkannya di hadapan Yesus.
5:19 Karena mereka tidak dapat membawanya masuk berhubung dengan banyaknya orang di situ, naiklah mereka ke atap rumah, lalu membongkar atap itu, dan menurunkan orang itu dengan tempat tidurnya ke tengah-tengah orang banyak tepat di depan Yesus.
5:20 Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia: “Hai saudara, dosamu sudah diampuni.”
5:21 Tetapi ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi berpikir dalam hatinya: “Siapakah orang yang menghujat Allah ini? Siapa yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah sendiri?”
5:22 Akan tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka, lalu berkata kepada mereka: “Apakah yang kamu pikirkan dalam hatimu?
5:23 Manakah lebih mudah, mengatakan: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah, dan berjalanlah?
5:24 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa” –berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu–:”Kepadamu Kukatakan, bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!”
5:25 Dan seketika itu juga bangunlah ia, di depan mereka, lalu mengangkat tempat tidurnya dan pulang ke rumahnya sambil memuliakan Allah.
5:26 Semua orang itu takjub, lalu memuliakan Allah, dan mereka sangat takut, katanya: “Hari ini kami telah menyaksikan hal-hal yang sangat mengherankan.”

1 Comment »

  1. dalam bacaan Lukas 5:17-26
    ay. 26 Hal-hal apa yang sangat mengherankan atau menajubkan itu?
    tolong balas ya? Makasi. JBU

    Comment by TELLY — May 30, 2008 @ 12:27 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: