Blue Bell’s Weblog

November 16, 2007

Tubuh baru

Filed under: Indonesia, Renungan Harian — lydiairawati @ 11:20 pm

Yesus, yang memimpin kita dalam iman dan membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia
Ibrani 12:2

Bacaan: 1 Korintus 15:42-49
Setahun: Yehezkiel 5–7; Ibrani 12

Pada tahun 1728, Ben Franklin muda mengarang tulisan untuk batu nisan*nya sendiri:

Tubuh B. Franklin, si tukang cetak, ibarat sampul sebuah buku tua, lembaran buku itu sudah usang, hurufnya yang berwarna emas sudah terkelupas, terbaring di sini dan menjadi makanan cacing. Namun, karya dalam buku itu tidak akan hilang; karena, sebagaimana yang ia percayai, ia akan muncul sekali lagi, dalam edisi yang baru dan lebih cantik, sudah dikoreksi dan disempurnakan oleh Sang Pengarang.

Dalam tulisan batu nisan ini, si jenaka Franklin, manusia Renaissance kolonial, mengikuti kebenaran pandangan Alkitab mengenai kebangkitan. Tubuh yang sekarang ini kita miliki mudah termakan usia, mengalami kemunduran fisik, dan pada akhirnya mati. Akan tetapi, kebangkitan Yesus Kristus menjanjikan tubuh adikodrati baru yang dibangkitkan dalam kemuliaan. Rasul Paulus berkata kepada kita, “Tubuh yang ditaburkan dalam kebinasaan, dibangkitkan dalam ketidakbinasaan. Yang ditaburkan dalam kehinaan, dibangkitkan dalam kemuliaan. Ditaburkan dalam kelemahan, dibangkitkan dalam kekuatan” (1 Korintus 15:42,43).

Ketika kehidupan yang kita jalani menyusuri perjalanannya dalam proses menjadi tua, kita memiliki suatu harapan akan tubuh baru yang jauh lebih baik dari*pada tubuh kita yang semula. Di samping rasa sakit dan nyeri yang kita rasakan, ketetapan Tuhan bagi hidup kita aman di tangan “Yesus, yang memimpin kita dalam iman dan membawa iman kita itu kepada kesempurnaan” (Ibrani 12:2) —HDF

DALAM SEKEJAP MATA …
KITA SEMUA AKAN DIUBAH —Rasul Paulus

1 Korintus 15:42-49
15:42 Demikianlah pula halnya dengan kebangkitan orang mati. Ditaburkan dalam kebinasaan, dibangkitkan dalam ketidakbinasaan.
15:43 Ditaburkan dalam kehinaan, dibangkitkan dalam kemuliaan. Ditaburkan dalam kelemahan, dibangkitkan dalam kekuatan.
15:44 Yang ditaburkan adalah tubuh alamiah, yang dibangkitkan adalah tubuh rohaniah. Jika ada tubuh alamiah, maka ada pula tubuh rohaniah.
15:45 Seperti ada tertulis: “Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup”, tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan.
15:46 Tetapi yang mula-mula datang bukanlah yang rohaniah, tetapi yang alamiah; kemudian barulah datang yang rohaniah.
15:47 Manusia pertama berasal dari debu tanah dan bersifat jasmani, manusia kedua berasal dari sorga.
15:48 Makhluk-makhluk alamiah sama dengan dia yang berasal dari debu tanah dan makhluk-makhluk sorgawi sama dengan Dia yang berasal dari sorga.
15:49 Sama seperti kita telah memakai rupa dari yang alamiah, demikian pula kita akan memakai rupa dari yang sorgawi.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: