Blue Bell’s Weblog

October 3, 2007

~ Selulit? Tidak Sulit Kok Mengatasinya! ~

Filed under: Fashion, Fashion & BeauTy — lydiairawati @ 7:20 am

Selulit bagi perempuan selalu menjadi momok menakutkan bagi setiap perempuan. Meski tidak berbahaya bagi kesehatan, namun sifatnya yang bisa muncul di bagian dalam, belakang paha, lengan atas, perut atau bahkan punggung bawah, tentu saja membuat Anda menjadi tidak percaya diri dan membatasi Anda untuk mengekspresikan diri dalam penampilan

Apa itu Selulit? Bagaimana terbentuknya?

Selulit adalah penumpukan sel-sel lemak pada jaringan kulit secara berlebihan dan menyebabkan permukaan kulit tampak tidak rata seperti kulit jeruk. Untuk mengetahui akan adanya selulit atau tidak, tekan jari-jari Anda pada kulit paha atau pinggul Anda. Jika terasa dan terlihat rata, maka itu adalah lemak biasa. Namun jika Anda merasakan gelombang kasar dan terlihat seperti guratan-guratan putih milik kulit jeruk, maka itulah selulit.

Tapi memiliki selulit bukan berarti selamanya Anda harus hidup dengan selulit. Bahkan tanpa operasi plastik, sebenarnya Anda bisa kok mengatasi selulit ini. Caranya? Pola hidup sehat dan menjalani perawatan secara teratur. Berikut beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk ‘berperang’ mengatasi selulit :

Rajin Olahraga
Olahraga bukan saja membuat seluruh otot tubuh jadi kencang, tapi tubuh pun sehat dan bugar sekaligus membuat postur tubuh Anda juga jadi lebih baik. Pilih jenis olahraga yang dapat langsung membakar lemak di bagian tubuh dimana si “kulit jeruk” itu berada. Misalnya, senam, berenang atau bersepeda. Lakukan olahraga tersebut selama 3 kali seminggu secara teratur dan benar.

Bagi Anda yang baru melahirkan, biasanya Anda baru boleh berolahraga 40 hari setelah melahirkan. Namun, bagi Anda yang melakukan operasi caesar, Anda baru boleh setelah tiga bulan pasca melahirkan. Namun ada baiknya Anda konsultasikan pada dokter Anda.

Pola Makan Sehat

Selulit terjadi karena penumpukan lemak, karena itu pola makan yang harus Anda terapkan adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral juga air dan mengurangi makanan junk food seperti: makanan fast food atau yang mengandung lemak tinggi.
Jika Anda menerapkan pola makan sehat, maka hal itu juga memperlancar pembuangan kotoran dan racun dari dalam tubuh salah satunya sembelit. Sebagai informasi, sembelit merupakan salah satu penyebab utama terbentuknya selulit. Jadi, tingkatkan kerja kulit agar keringat mudah keluar dan mempermudah pembuangan kotoran.

Pijat
Selain enak, pijat juga bisa membantu Anda untuk mengatasi selulit ini. Pijat dapat memperlancar sirkulasi darah juga menghancurkan tumpukan lemak dalam tubuh. Selain menghancurkan lemak, tubuh pun jadi rileks! Lakukan pijat di daerah-daerah yang tidak merasakan manfaat olahraga seperti bagian dalam lutut dan paha atas.

Agar bisa lebih rileks, Anda bisa juga mengkombinasikan pijat-memijat ini dengan teknik aromaterapi. Namun sebaiknya sebelum Anda melakukan pijat ini, konsultasikan lebih dulu dengan ahlinya.

Mengoleskan krim

Saat ini, sudah banyak produsen produk kecantikan yang mengeluarkan produk untuk mengatasi selulit dalam bentuk krim. Selain dengan cara olah raga dan mengurangi makanan berlemak, pemakaian krim ini adalah langkah pelangkap untuk mengatasi selulit. Krim penghilang selulit umumnya sudah dipercaya dapat menghancurkan lemak, serta mengencangkan dan menghaluskan kulit sehingga kulit tidak kering.

Namun, karena kondisi kulit setiap orang berbeda, maka sebaiknya Anda melakukan tes sedikit sebelum mengaplikasikannya di seluruh bagian tubuh untuk mengetahui apakah Anda alergi terhadap kandungan aktif dalam krim tersebut.

4 Comments »

  1. wah… tips yg sangat bgs… thnx ya, tinggal binun bgmn cara memulainya😀

    Comment by Carolle — February 21, 2008 @ 2:12 am

  2. saya pengen tahu jenis-jenis selulit yang masih bisa di tangani dengan cara tidak di oprasi itu jenis selulit yang bagaimana? thanks jawabanya,kalo bisa krim ke mail saya.

    Comment by dawam — March 11, 2008 @ 7:13 pm

  3. saya cowo, tapi di bagian paha deket selangkangan kok kaya ada guratan merah banyak, seperti bekas luka gt, apa itu yang namanya selulit? mhon bantuan jawabannya. thx be 4. klo bisa tolong di email saja ya.

    Comment by daniel — May 2, 2008 @ 10:43 am

  4. buth brap lm dlm menghlgkan selulit?dan apakah dlm menkonsumsi vitamin kulit akn brpgaruh pd slulit it jg?

    Comment by siska — July 28, 2008 @ 10:27 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: